open menu
Sunday, February 07, 2021

REVIEW TV SERIES GOSSIP GIRL, TENTANG KEHIDUPAN REMAJA DI PUSAT KOTA NEW YORK


Pecinta TV series mana suaranyaaaaa? Yup, saya termasuk salah satu yang sangat menggemari tv series. Sebenernya tv series yang saya ikuti ada beberapa, tapi Gossip Girl ini adalah yang pertama kalinya saya ikuti. Termasuk tv series yang sudah lama tayang, penayangan pertamanya yaitu pada tahun 2007.

Saya sendiri sebenernya udah lama nonton tv series ini sampai habis. Kalau nggak salah inget sekitar tahun 2012-2013 pas lagi masa-masa kuliah. Jaman itu Netflix belom seterkenal sekarang, dan bahkan aksesnya pun belom semudah saat ini. Jadi dulu tuh saya nontonnya dari dvd yang beli di abang-abang ITC (mayoritas orang Indonesia pasti tau yang saya maksud 😄). Tapi beberapa bulan belakangan ini saya baru nonton lagi di Netflix, dan agak sedih sih karena pas akhir tahun kemarin ternyata udh gak diperpanjang lagi sama pihak Netflix.

Gossip girl terdiri dari 6 (enam) musim, dan setiap musimnya rata-rata terdiri dari 18-24 episode, dengan total 121 episode. Pemeran utama wanitanya ada Leighton Meester dan Blake Lively, dan pemeran utama prianya ada Ed Westwick dan Chace Crawford.

Oke, kita mulai dari pengenalan karakternya ya..


1. Serena van der Woodsen - yang diperankan Blake Lively. Merupakan salah satu pemeran utama perempuan yang menurut saya mempunyai karakter yang cukup dewasa di usianya yang masih ABG. Karakter Serena yang diceritakan tinggal dengan seorang ibu yang single parent dan merupakan seorang kakak dari adik laki-laki satu-satunya yang ternyata Gay. Disitu Serena dituntut untuk bisa membangun kepercayaan diri adiknya karena sering dikucilkan lingkungan sekitarnya. Bersahabat dengan Blair Waldorf yang super duper jutek dan merekapun sering berantem, tapi karena pembawaan Serena yang dewasa, bisa selalu ngalah dan memahami Blair.

2. Blair Waldorf - yang diperankan oleh Leighton Meester. Sahabat Serena yang jutek, kekanak-kanakan, manja dan nggak mau kalah. Mungkin karena faktor anak tunggal dan sama seperti Serena, orang tuanya pisah sejak Blair masih kecil. Yang membedakan adalah Serena setiap hari bertemu ibunya, sedangkan Blair ibunya adalah seorang perancang busana terkenal yang sering bepergian ke berbagai negara. Mungkin karena karakternya yang berlawanan sama Serena itu yang membuat mereka cocok sahabatan. Sering ribut sama Serena karena Blair seringnya nggak mau kalah. Tapi yang saya suka dari Blair ini adalah dia punya banyak ide-ide 'gila' dalam memecahkan berbagai masalah.

3. Chuck Bass - yang diperankan oleh Ed Westwick. Seorang anak laki yang cukup nakal, karena selalu dimanja oleh ayahnya yang seorang pengusaha kaya raya. Dia merasa bahwa dia selalu mendapatkan apa yang dia mau. Pada pertengahan musim pertama, sudah mulai jatuh cinta sama Blair.

4. Nate Archibald - yang diperankan oleh Chace Crawford. Satu-satunya karakter dalam gossipgirl yang memliki orang tua lengkap. Bersahabat dengan Chuck, tapi memiliki kepribadian yang lebih baik dari Chuck. TV series gossip girl diawali dengan Nate yang ketahuan memiliki hubungan rahasia dengan Serena, padahal disaat yang bersamaan masih berpacaran secara resmi dengan Blair. Dan hanya Chuck yang mengetahui rahasia terlarang itu~

5. Dann Humphrey - yang diperankan oleh Penn Badgley. Anak laki-laki yang kehidupannya sederhana. Tinggal dirumah sederhana bersama ayahnya yang single parent. Sangat jauh berbeda dari empat orang diatas. Sering menjadi bahan bully oleh Chuck, tapi justru kesederhanaannya yang bikin Serena jatuh cinta

6. Jenny Humphrey - yang diperankan oleh Taylor Momsen. Merupakan adik perempuan dari Dann Humphrey. Jenny ini sering banget dikerjain Blair and the gank, tapi walaupun begitu, Jenny tetap aja pengen gabung di komunitasnya Blair .

Cerita musim pertama diawali dengan kembalinya Serena ke New York setelah mengasingkan diri untuk beberapa waktu. Nggak ada yang tau apa alasan Serena pergi, termasuk Blair yang notabene sahabatnya. Hari demi hari berjalan, akhirnya terungkap suatu rahasia yang sangat ingin dikubur dalam-dalam oleh Serena. Ternyata kepergiannya adalah karena rasa bersalahnya terhadap Blair, yaitu menjalin hubungan terlarang dengan Nate, pacar Blair. Nggak lama dari situ, Blair dan Nate resmi mengakhiri hubungannya, dan hal ini dipergunakan Chuck untuk mendekati blair, setelah sekian lama memendam perasaannya.


Setelah konflik yang terjadi antara Serena dan Blair, akhirnya mereka bersahabat kembali. Serena pun menjalin kisah dengan Dann, Blair memulai kisahnya dengan Chuck. Tentu saja kisah mereka tidak berjalan mulus. Banyak konflik yang terjadi, termasuk konflik tentang keluarga mereka. Dimana Ayah Dann merupakan mantan pacar dari Ibunya Serena, mereka tidak bisa bersatu karena terhalang restu dari Neneknya Serena. Karena sama-sama sudah lama menjadi single parent, Ayah Dann memberanikan diri melamar Ibu Serena. Namun disaat yang bersamaan lamaran juga datang dari Ayahnya Chuck.


Ditengah-tengah antara season 1 sampai 6, Serena sempat berpisah dengan Dann, dan menjalin hubungan dengan Nate. begitu pula dengan Blair, sempat berpisah dengan Chuck. Ketika liburan ke Paris dengan Serena, Blair bertemu dengan seorang Pria berkebangsaan Perancis. Mereka sempat menjalin hubungan sampai akhirnya Blair hamil. Drama terjadi ketika blair mau menikah dengan Pria Perancis tersebut lalu tiba-tiba Chuck mengajaknya kabur.

Momen ketika Blair mengakui sangat mencintai Chuck walaupun saat itu dia akan menikah dengan orang lain
Sad moment ketika Blair mengakui sangat mencintai Chuck walaupun saat itu dia akan menikah dengan orang lain :')


Namun pernikahan Blair berhasil digagalkan karena dia kabur dengan Chuck. Tetapi hal yang tidak diduga terjadi, mobil yang membawa mereka kabur mengalami kecelakaan sehingga bayi didalam kandungan Blair tidak bisa diselamatkan.
Tidak lama dari kepulihan mereka, akhirnya Blair-Chuck menikah. Selang beberapa tahun diikuti dengan pernikahan Dann-Serena


Beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari serial ini:
1. Family is everything. Semua karakter pada TV series ini tidak pernah lepas dari peran serta keluarga mereka. Walaupun mereka berada didalam keluarga yang tidak utuh, tapi keluarga lah yang akan selalu menerima kita kembali. Tidak peduli seburuk apapun kita dan seburuk apapun kesalahan yang pernah kita perbuat.
2. Sahabat sejati tidak pernah pergi. Yep memang Serena dan Blair sering kali terlibat konflik. Hampi di setiap season pasti ada episode dimana mereka berantem. Bahkan Blair ketika lagi marah sering kali berkata dia sangat membenci Serena. Tapi pada akhirnya, hanya Serena lah yang selalu ada untuknya ketika semua orang meninggalkannya.
3. True love will always find the way. Belajar dari kisah cinta Chuck-Blair, Serena-Dann yang walau pun sempat putus nyambung selama beberapa tahun, pada akhirny semesta mempersatukan mereka dalam pernikahan.
4. Uang memanglah bukan segalanya, tapi alangkah lebih indah ketika sedang patah hati kita bisa menangis di kota Paris sambil berbelanja, seperti Blair dan Serena 😉








 

2 comments:

Newer Post Older Post Home