open menu
Sunday, February 14, 2021

JADI BLOGGER (TERNYATA) HARUS BISA MULTITASKING

  

source: kaboompics.com

Hay haaaaayyyyyy gimana kabar temen-temen semua? Semoga sehat dan bahagia selalu yah!

Kalau ada yang pernah mampir ke blog saya ini mungkin akan ngeh kalau saya baru aja ganti template. Bukan, bukan karena bosen atauu apa. Tapi template yang lama itu ada beberapa widget yang ngga bisa dirubah dan di tampilkan, maklum yah sis namanya juga gretongan. Template yang ini yaaa sama sih masih tetep gretongan juga, tapi at least widget yang mau saya rubah dan tampilkan tuh bisa gituloh hehehe


Lalu apakah ganti template itu mudah? Ya mudah kalau hanya restore dan upload. Tapi kan biasanya kita-kita blogger pasti pengen aja gitu ada yang ditambahin atau dikurangin dari template bawaannya. Belom lagi soal kombinasi warna, soal masukin link pages untuk menu header, bener apa bener?

Nah, melihat hal itu, ternyata banyak juga ya hal-hal yang harus dilakukan seorang blogger selain menulis konten. Apa aja tuh kira-kira?


1. Menulis konten

Diurutan pertama yang terpenting pastinya adalah menulis. Hal itu jugalah yang kita pelajari dari jaman sekolah. Kadang kalau habis liburan semester suka disuruh nulis cerita selama liburan kita ngapain aja. Yaa jadi blogger juga sama, kerjanya nulis, nulis, dan nulis. Tapiiiii nulis yang gimana dulu nihh? Usahakan tulisan tidak melenceng dari judulnya, sehingga tidak clickbait. Untuk artikel yang cukup panjang dan kurang kamu kuasai materinya, biasakan untuk ditulis di buku atau kertas dulu garis besarnya agar pembahasannya fokus dan nggak ngelantur kemana-mana, jadi pembaca juga nggak bingung bacanya.


Baca juga alasan saya ngeblog disini


2. Teknik pengambilan gambar / fotografi

Tulisan konten yang bagus memanglah disukai pembaca, tapi biar nggak jenuh liatnya sebaiknya setiap judul tulisan disisipkan minimal satu gambar yang mendukung tulisan tersebut. Boleh dari website (asal dituliskan sumbernya ya), dan alangkah lebih baiknya lagi kalau gambar yang kita foto sendiri. Pasti lebih original dan dijamin nggak ada yang nyamain. 

Untuk pengambilan gambar sendiri, ngga perlu pakai kamera profesional yang harganya belasan atau puluhan juta kok. Asalkan angle nya tepat, ditambah dukungan cahaya yang baik, dijamin foto kamu pasti memuaskan mata pembaca yang berkunjung ke blog kamu.


3. Belajar aplikasi edit foto

Siapa disini yang kalau mau upload foto selfie harus kudu wajib diedit dulu? hihihi saya juga kok. Nah setelah poin kedua tadi, kita pasti pengennya foto yang diupload ke blog yang bagus dong ya kan? Sedikit-sedikit mulailah belajar pakai aplikasi edit foto. Bisa yang di download dulu ke laptop atau handphone kamu, bisa juga aplikasi edit online yang lebih simple. Kamu bisa mengatur ukurannya, mengatur color tone nya apakah mau disamakan dengan tema template, dan lain-lainnya.


4. Mengganti template

Bagi saya blog ini ibarat sebuah rumah. Awal kita bikin tuh tampilannya masih standar dan basic banget. Tapi semakin lama pasti kita pengen kan rumah kita jadi lebih cantik.

Setelah paham tugas utama ngeblog seperti tiga poin diatas, saatnya kita membenahi tampilan rumah kita yaitu dengan mengganti template. Template yang gratis banyak, atau kalau mau yang berbayar juga bisa. Kalau yang gratis biasanya fitur-fiturnya agak terbatas, sedangkan yang bayar biasanya fitur yang disediakan lebih banyak. Akan tetapi untuk memperoleh template berbayar (menurut saya) agak sulit. Karena biasanya harus beli dari website luar negeri yang biasanya pembayarannya menggunakan kartu kredit. Sedangkan saya bukan pengguna kartu kredit, itulah kenapa sampai sekarang saya masih bertahan dnegan template yang gratisan hehehe


5. Belajar mengedit Widget dan HTML

Setelah template yang kita pilih udah berhasil di pasang ke blog kita, langkah selanjutnya adalah mengedit widget bawaan dan mengedit HTML.

Beberapa widget bawaan template biasanya kurang cocok buat kita. Bisa kita hilangkan dan ditambahkan widget yang kita suka. Selain itu, untuk widget seperti menu pages dan link ke sosial media kalian biasanya ngga sesimpel edit widget pada umumnya. Kamu harus sedikit belajar coding (cmiiw) yang isinya ratusan bahkan ribuan kode-kode huruf dan angka. Salah klik sedikit aja udah deh ambyar berantakan semuanya.


Ternyata yang namanya belajar ngga berhenti sampai saat kita lulus sekolah atau kuliah aja ya. Untuk menjadi blogger pun (entah sebagai kerjaan atau hobi) masih diperlukan proses belajar yang banyak dan nggak sebentar hehehe

Saya suka kagum banget kalau lagi blogwalking lihat template temen-temen yang keren-keren banget. Suka pengen ikutan tapi kebayang dari proses upload template sampai blog kita bisa tampil cantik itu nggak gampang (at least buat saya yang belajar coding hanya otodidak dari google).

Buat temen-temen yang baru mau mulai ngeblog, ayuk semangat kita belajar bareng-bareng. Bahkan saya masih belajar banget tentang optimalisasi SEO, makanya belom berani masukin jadi salah satu poin diatas.

Semoga tulisan ini membantu ya, kalau ada yang salah boleh banget loh kritik dan sarannya :)



17 comments:

  1. WAh ia baru nih template nya..sama dong aku juga baru ganti template..
    bener banget tuh klo jadi blogger kita harus mandiri, semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak hehehe mau ngga mau harus ganti template. Pdhl sebenernya udh nyaman bgt pake yg sebelomnya
      Dan mau gamau lagi harus mau untuk belajar kalo emang pengen blognya ada perkembangan. Sukses selalu ya kak :)

      Delete
  2. Artikelnya menarik, disajikan secara ringan tp ga mengurangi arti. Bravo mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terimakasih ya mas. Sukses selalu :)

      Delete
  3. Template premium nggak semuanya harus berbayar kok sis. Ada juga developer lokak yang templatenya keren dan menerima pembayaran via transfer.

    Cuman kalau menurut saya pribadi sih, mending jangan hijrah ke template berbayar dulu sebelum 6 ngeblog. At least biar mantep dulu hati dan jiwanya sebelum invest di template berbayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tau mas klo developer lokal ada yg jual template juga. Boleh saya tau websitenya apa? Kali aja ntar mau beli hehehe
      Sukses selalu ya mas :)

      Delete
    2. Banyak sih, mulai sugeng.id, mahatemplates.net, idnthemes...coba googling pakai keyword template+blog+indonesia

      Selamat berkarya 😊

      Delete
    3. sip sippp terimakasih infonya mas :)

      Delete
  4. Ganti2 template ini niiih, yg aku belum pernah coba sendiri :D. Jujurnya urusan maintenance ato update plugin ,itu selalu dilakuin Ama temenku, yg mana aku bayar dia utk maintain, update, dan bayar fee tahunannya. Jd tugasku cuma update tulisan. Kalo masalah teknikalnya, msh rada buta mba. Daripada kacau, ya sudahlaah serahkan ke temenku yg LBH jago :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mba untuk amannya sih gitu ya. enak banget kalau ada orang terdekat kita yang paham. karena orang-orang dekatku ngga ada huhu
      sukses selalu ya mba :)

      Delete
  5. Replies
    1. sama-sama kak, terimakasih. ya sudah berkunjung :)

      Delete
  6. saya baru di level menulis...hehehe

    Bermanfaat.... thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat kak, semoga semakin hari semakin meningkat proses belajarnya hehehe
      alhamdulillah, terimakasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  7. Menulis konten itu memang penting untuk blogger. Dan semakin ke sini maka aku pun mulai belajar memotret untuk dijadikan bahan konten di blog. Tapi aku hanya memotret menggunakan smartphone aja sih. Pengen gitu beli kamera biar hasil foto lebih bagus. Btw, salam kenal ya, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak sama banget. aku juga pake smartphone aja udah cukup banget. semoga nanti-nanti bisa kebeli kamera biar lebih HD lagi gambarnya
      salam kenal juga kak, makasi udah mampir yaa :)

      Delete
  8. Setuju banget sih.
    Bahkan saat lagi skripsi pun blog tetep gabisa lepas hahaha :D
    Cuma ya itu tadi, harus pande pande mengatur waktu untuk foto, editing, nulis, revisi tulisan, dll.
    Tapi aku menikmati prosesnya sih :D Karena udah hobi itu jadi yaa ujungnya setiap berhasil posting (yang didalamnya sudah termasuk foto, editing, dsb) aku selalu merasa ada kepuasan tersendiri :D

    ReplyDelete

Newer Post Older Post Home