open menu
Friday, April 17, 2020

KENAPA NGE-BLOG? #BLOGGING101



Kenapa saya nge-blog?

Well, disini saya mau berbagi cerita yang ringan-ringan aja. Alasan saya mulai menulis blog, cerita dibalik terbentuknya blog ini hingga menjadi website, serta beberapa hal yang terkait dengan cerita-cerita itu.

oke pertama, Kenapa saya nge-blog?
Dalam hidup ini segala hal yang kita lakukan dan segala keputusan yang kita ambil pasti mempunyai alasan tersendiri dibaliknya. Sama halnya ketika saya terpikir untuk memulai sebuah blog. Saya termasuk tipikal orang yang senang cerita, bagi saya blog itu sama seperti diary. Tempat dimana kita bisa cerita dan menuliskan apapun didalamnya. Hanya saja bedanya blog merupakan diary digital dimana siapapun bisa membaca apa yang kita tulis.

Next⏩




Kapan mulai nge-blog?
Blog ini dimulai dari sekitar tahun 2010. Dimana pada awalnya saya menulis tentang kegalauan masa-masa remaja (masih bisa dilihat di blog ini😝). Yang ada dipikiran saya saat itu saya pengen orang-rang tau yang saya rasakan... yaAllah alay banget ya kalo diinget-inget. Tapi gapapa, apapun yang pernah kita lakukan dimasa lalu adalah yang membentuk kita saat ini.
Seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa saya sangat suka dengan segala sesuatu tentang per-beauty-anSaya mulai belajar dandan pada tahun 2010 juga, autodidak dengan menonton youtube. Saat itu masih belum banyak beauty blogger dan/atau beauty vlogger seperti saat ini. Satu-satunya blog tempat saya belajar adalah www.mytipscantik.com milik Harumi Sudrajat.
Tahun demi tahun berlalu, sampai akhirnya saya semakin banyak menemukan beauty blogger yang baru mulai bermunculan. Sampai saya terpikir hmm kenapa nggak saya menulis blog juga tentang beauty, tentang produk-produk favorit saya? dan hal itu mulai terlaksana sejak tahun 2014. Lalu apakah hanya selesai disitu?
oh, tentu tidak!
Saat mulai menulis blog tentang beauty, ditengah jalan semangat itu terkadang sedikit menurun. Tapi gapapa, saya tetap menulis semampunya, sampai saat ini. Dan selain menulis tentang dunia per-beauty-an, pelan-pelan saya mulai menulis tentang random thoughts yang ada dikepala saya. Sehingga (mudah-mudahan) ngga ada lagi alasan kehabisan ide.

Apa sih tantangan terberat saat memutuskan untuk menulis blog?
dengan lantang saya akan menjawab KONSISTENSI
Yup, saya sangat yakin bahwa bukan hanya saya yang merasa susah untuk tetap konsisten dengan apa yang sudah kita mulai, dalam hal apapun itu. Jadi ingat cerita saat saya masih di bangku SD, guru saya pernah bilang bahwa yang susah adalah bukan untuk meraih ranking pertama, tetapi terus mempertahankan ranking pertama itu.
Kalau kata orang yang punya bisnis, yang paling sulit adalah bukan ketika kita memulai suatu bisnis, tetapi bagaimana kita tetap konsisten dengan prosesnya hingga bisnis kita mencapai tujuan yang kita impikan.
Sama halnya dengan menulis blog. Saya sangat senang kalau membaca blog-blog lain yang isinya banyak informasi dan selalu uptodate. Dalam benak saya "wah keren ya, gue harus bisa kayak gini nih". Tapi ya sekali lagi... manusia hanya berencana namun pada akhirnya Tuhan yang menentukan😂 #alasan
Mulai dari alasan yang paling umum yaitu capek sama kerjaan, lagi nggak ada ide, malas mengambil foto dan melakukan proses editing, dan lain-lainlah pokoknya yang akhirnya membuat blog ini rada terbengkalai selama beberapa tahun.

Gimana ceritanya bisa pakai domain .com ?
Ketika saya mulai nge-blog saya membuat akun di www.blogspot.com, sehingga sudah pasti dong URL blog saya menjadi *******.blogspot.com. Saya lupa pastinya tapi seingat saya saat itu belum pakai kata "indsav". Saat memulai, saya benar-benar belum ngerti apapun. Bagaimana mengganti template, apa itu sidebar widget, bagaimana caranya memasang gambar pada favicon, edit HTML, atau apapun itu saya bener-bener nggak paham. Yang saya tau hanyalah bikin post baru, ketik judul post, masukin foto atau gambar apapun kalau emang kita mau pakai, lalu tulis apapun yang mau kita tulis, terus udah deh di publish. Bener-bener sesederhana itu.
Sampailah pada tahun 2015, saya mengenal seseorang yang satu kantor dengan saya. Saya meliat tulisannya dan saya sangat tertarik ketika saya tau beliau memiliki blog dengan domain .com saja. Lalu saya kontak beliau dan saya langsung bilang saja kalau saya ingin dibuatkan domain seperti itu. Beliau menjelaskan kalau saya harus berlangganan domain itu dengan biaya perbulan xxx rupiah. Nah, akhirnya sejak saat itu URL blog saya menjadi seperti saat ini.


Sampai sini dulu ya cerita tentang blogging, next kita lanjut lagi
Terima kasih buat yang udah berkunjung ;)

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home