TIPS BERTAHAN HIDUP DI TEMPAT KERJA

August 29, 2022

 


Selamat pagi semuanya.. selamat hari Senin! Biasanya nih, nggak semua orang ngerasa bahagia menyambut awal pekan, beda halnya ketika kita menyambut akhir pekan. Ditambah lagi hari Senin ini masih menjadi tanggal tua bagi sebagian orang (sengaja dikasih warna merah biar kesannya menegangkan hihihi). Alhamdulillah bagi saya hari Senin ini merupakan tanggal muda, yaa walaupun nggak muda-muda amat sih.. but anyways, seneng nggak seneng yaa kita harus tetap melaksanakan kewajiban kita sebagai karyawan kaaann? Sedikit nih saya mau berbagi beberapa tips yang mungkin bisa jadi bahan renungan temen-temen sekalian agar bisa kuat menghadapi badai kehidupan di tempat kerja.

Saya menjalani kehidupan sebagai karyawan sejak pertengahan tahun 2015, berarti kurang lebih udah sekitar tujuh tahunan lah ya. Belom bisa di bilang udah lama banget, tapi yaa lumayan cukup lah untuk berbagi tips-tips buat temen-temen yang mungkin baru memasuki dunia kerja, dunia dimana kita menghabiskan lebih dari separuh hari kita dan lebih dari separuh umur kita.

1. Learning by Doing.

Dunia kerja sangatlah beda dengan dunia kita menempuh pendidikan. Kalau semasa kita sekolah sampai kuliah, misalnya ada hal-hal yang kita nggak paham, masih ada tuh temen-temen yang mau mengajari kita sampai paham. Tapi kalau di dunia kerja, hampir semuanya learning by doing. Kita bisa paham segala sesuatu ya saat kita menghadapi hal tersebut. Nanya ke temen? boro-boro temen mau ngajarin sampai kita paham. Palingan cuma bantuin sekadarnya aja. Apalagi kalo kita nanya ke atasan, yang ada bakalan dapet kalimat "masa gitu aja kamu gak bisa?" hmmm...

2. No Baper, Baper Club.

Berkaitan dengan poin yang pertama tadi, di tempat kerja, kita harus sama sekali menghilangkan rasa baper. tapi kan setiap orang punya batas toleransi yang berbeda. Iya bener, saya juga tau hal itu. Tapi percayalah darling, kalau kalian mudah sekali baper, bisa saya jamin hari-hari kalian di tempat kerja akan terasa sangat berat. Awal saya mulai kerja dulu, saya juga termasuk tipe yang segala sesuatunya di proses pakai perasaan. Tapi seiring berjalannya waktu, lingkungan kerja memaksa saya untuk tidak memakai perasaan sama sekali, melainkan untuk memroses segala sesuatunya hanya pakai otak.

3. Jaga hubungan profesional.

Gimana maksudnya tuh? Jadi gini, waktu kita sekolah-kuliah dulu pastinya kita punya temen deket kan, temen yang kemana aja kita bakalan sama dia, kalau bisa kita selalu di kelas yang sama dengan orang itu karena saking dekatnya hubungan pertemanan kita. Tapi kalau di dunia kerja nggak bisa kayak gitu sayang-sayangku. Saran dari saya sih teman di lingkungan kerja, terutama yang satu ruangan dengan kita sebaiknya akan tetap menjadi teman kerja saja sampai seterusnya. Kalau bisa jangan sampai berteman terlalu dekat dengan teman yang satu ruangan alias hubungan pertemanannya tetap pada hubungan profesional saja, jangan sampai tercampur personal. Kenapa? Karena konflik di dunia kerja itu sangat mudah terjadi, apabila kita tanpa sengaja berkonflik perihal kerjaan dengan teman yang dekat secara personal, sudah hampir pasti hubungan personal kita dengan orang tersebut juga akan ikut merenggang ke depannya. And i've been there, done that.

4. Jangan pernah mengharapkan apresiasi.

Sebelum kita memulai hari pertama masuk kerja, kita pasti sudah di jelaskan apa saja job desk kita. Bisa secara terperinci, bisa juga hanya sebagian besarnya saja. Seiring berjalannya waktu kita melakukan pekerjaan sesuai dengan job desk kita, jangan pernah sekalipun kita berharap memperoleh apresiasi dari rekan kerja, apalagi atasan. Jangankan apresiasi, kadang kata 'terima kasih' saja nggak akan pernah kita dengar. Karena apa? Karena hal itu tidak dianggap sebagai prestasi atau sesuatu yang perlu di banggakan. Tetapi hal itu merupakan hal yang sangat biasa dan memang harus kita kerjakan tanpa kesalahan sedikitpun.

Kedengerannya berat yah? hehehe banyakin berdoa aja, mudah-mudahan diberi kemudahan sama Tuhan dalam melewati hari-hari di tempat kerja. Gimana nih adek-adek yang udah males sekolah/kuliah, yakin masih pengen cepet-cepet kerja? Saya nih kalau bisa muter balik waktu, pengennya malah SD lagi hihihi😅


You Might Also Like

0 Post a Comment

i believe

i believe

wanna say something? please email me

Name

Email *

Message *