Ice Cubes as a Make Up Base



Ice cubes? Es batu?

Mungkin dari kalian para readers banyak yang bingung tentang judul postingan ini. Tapi aku yakin dari kalian juga nggak sedikit yang udah tau bahkan mungkin udah pernah nyobain ice cubes selain untuk minuman.... tapi sebagai makeup base.


Yap! MakeUp Base. Apasih makeup base itu? Dilihat dari kata 'base' yang berarti dasar. Kalo aku sendiri mengartikan makeup base itu adalah lapisan dasar yang kita gunakan pada wajah sebelum ber-makeup (which is foundation, concealer, powder, etc..)

First, aku mau share dulu tentang kondisi kulit muka aku. My face is veeeerrrrrryyyyyy oily and sensitive. Akupun nggak tau kenapaaaaaaaa para jerawat tuh rajin banget mampir dimuka aku :'(
Berbagai skin care mulai dari yang dijual bebas, sampe segala macem perawatan medis udah aku coba. Sekarang aku lagi pake skin care dari seorang Dokter Spesialis Kulit dan kelamin di salah satu rumah sakit di Bekasi (near from my home). 
Kenapa aku pake perawatan dari dokter kulit? Itu karena my mom udah capek banget ngeliat aku conta ganti produk skin care dan terus-terusan pindah dokter kecantikan.
Karena dari pengalaman aku, kebanyakan dokter kecantikan itu ngebuat pasiennya jadi ketergantungan. Sebagai contoh, selama kita pakai segala macem produk perawatan dari dokter itu, pasti our face is very healthy, fresh, and glowing. TAPI.... begitu kita berhenti (bisa disebabkan oleh berbagai hal), kondisi muka kita bakal balik seperti keadaan sebelum memakai rangkaian produk perawatan si dokter itu, bahkan mungkin lebih parah.

Dari alesan itulah akhirnya my mom give her opinion supaya aku berhenti pindah-pindah dokter kecantikan dan stop juga untuk nyoba-nyoba produk skin care yang dijual bebas yang biasanya aku coba berdasarkan "kata orang........" padahal kondisi kulit tiap orang kan beda-beda. Mamaku ngajak aku ke sebuah rumah sakit yang cukup besar. Rumah sakit ini emang udah jadi langganan keluargaku. Akupun udah pernah dirawat inap dirumah sakit ini karena thypus. Tapiiiiiii baru kali ini aku jadi pasiennya dokter kulit.

Pas ketemu dokternya, dan setelah aku ngejelasin macem-macem about my face, akhirnya aku dikasih resep obat minum (yang akhirnya aku tau kalo itu adalah antibiotik dan obat untuk alergi kulit). Selain itu juga tetep dikasih rangkaian produk perawatan seperti sabun muka, toner, krim pagi, sunblock, dan krim malem yang harus dipake secara rutin dan diperkirakan bertahan selama satu bulan.

Sampai hari ini, udah sekitar setahun lebih lamanya aku pake perawatan di dokter ini. As time goes by, Alhamdulillah kulit muka aku berangsur-angsur membaik. Aku nggak bisa bilang kalo muka aku udah bener-bener bebas dari jerawat, tapi setidaknya sudah jauh lebih mendingan daripada dulu sebelum ke dokter kulitku yang sekarang. Ya walaupun kadang menjelang haid atau kalo aku lagi kecapean, kurang tidur, dan banyak pikiran, masih suka muncul tuh jerawat yang gede-gede. Makanya sebisa mungkin aku selalu berusaha tidur cukup dan gak telalu banyak mikirin yang nggak penting hehehe...

Tapi sebenernya sih aku sadar kalo masalah terbesar aku tentang my face itu disebabkan oleh aku yang kurang banyak mengonsumsi air putih! Aku tau dan sadar banget kalo air putih itu sangat banyak manfaatnya. But i really don't know why, aku minum air putih itu ya sepengennya aku aja gitu dalem sehari, paling banyak 4-5 gelas. Tapi untuk sekarang aku lagi berusaha untuk memperbanyak minum air putih kok, selain untuk kesehatan, juga untuk kecantikan.


Oke, diatas itu sekilas tentang masalah dan kondisi my face. Balik lagi ke topik utama about ice cubes as a makeup base. As i told before, my face is very oily. Berminyaknya tuh super parah banget! Makeup apapun yang aku pakai nggak pernah bertahan lebih dari 2 jam!
Berbagai artikel aku baca cara membuat makeup tahan lama pada oily skin. Rata-rata artikel itu menyarankan untuk selalu pakai primer sebelum mengaplikasikan segala makeup.
Jadi urutannya; Skin Care routine (moisturizer and sunblock) - Primer - BB Cream / CC Cream / Foundation - Concealer - Powder. Aku udah selalu nerapin urutan-urutan itu setiap sebelum aku makeup. Terutama makeup untuk acara-acara atau hangout gitu. Karena kalau cuma kekampus biasanya aku nggak pernah pakai BB Cream / CC Cream / Foundation, terlebih karena kulit aku yang berminyak banget dan kondisi Jakarta yang juga panas banget.

Terussssss.... sekitar semingguan yang lalu ceritanya pas aku lagi dijalan pulang dari kampus. Biasalah sambil dengerin radio favorit aku, Mustang FM (88.0), pas itu lagi segmen Pegasus, penyiarnya Fajar Ibel dan Aji Dara Vania, entah lagi ngebahas topik apa, tiba-tiba Dara bilang kalo the secret of long lasting make up from international make up artist is just ice cubes.
Nah dari situ aku penasaran dong. Ah masa bener sih? Cuma pake es batu aja makeup bisa tahan lama? Beneran nggak sih nih?

Pas banget kebetulan hari ini, 7 September 2014 aku ada acara nikahan salah satu family. Pasti doooong aku harus dandan full kan seperti biasanya tiap ada acara-acara penting. Nah aku teringatlah sama tips yang dikasih tau dari radio itu. Nggak ada salahnya nih dicoba.

Jadi abis cuci muka, aku tunggu sampe setengah kering dulu. Baru abis itu aku ambil es batunya. Aku juga megangnya pake saputangan gitu atau handuk bersih, soalnya kan dingin banget, kalo pake jari langsung lama kelamaan malah jadi perih gitu jarinya.
Terus aku usapinlah keseluruh bagian wajah yang bakal aku pakein makeup, bahkan sampe ke leher juga. Karena aku kalo pake baju yang lehernya kebuka, aku pasti aplikasiin foundation & bedaknya sampe ke leher biar nggak belang & malah keliatan kayak topeng. Nggak lupa juga kelopak mata aku usapin es batunya juga, karena kelopak mata aku tuh berminyak banget, kadang kalo lagi pake bulumata palsu suka kecopot sendiri lemnya saking berminyaknya -__________________-
Aku usapin terus tuh sampe abis pokoknya es batunya.

Pas selesai, muka aku tuh terasa seger dan halus banget. Gatau emang beneran atau sugesti aja hehehe...
Baru deh aku mulai aplikasiin skin care & makeup dengan urutan yang biasanya.


Aku dandan itu sekitar jam 5an sore. Aku berangkat ke pesta sekitar jam 6an lewat, dan ada di acara pesta itu sampe sekitar jam 8an. Terus pulang, nyampe rumah sekitar jam setengah 10an. Sebelum sampe di acara, aku sempet nge-blot muka aku pake blotting paper. Agak heran juga kok tumben gitu cuma ada sedikit minyaknya di blotting paper, biasanya kan lebay banget. aku masih mikir, ah mungkin karena AC mobil kali yaaa jadi agak kering kulitnya.

Tapi pas sampe rumah, pas mau bersihin muka, aku ngaca and I FEEL AH-MA-ZING! Ternyata muka aku bebas dari minyak. Bebas dari minyak maksudnya bukannya nggak berminyak sama sekali, tetep berminyak cumaaaa sangat sedikit sekali. Bahkan minyak di muka aku tuh malah bikin muka aku keliatan glowing alami gitu....... Dan juga kelopak mata aku, bener-bener nggak berminyak sama sekali. Aku ulang lagi, Kelopak mata aku nggak berminyak sama sekali!!!!!!!!!!

Waaaaaa seneeeng banget akhirnya aku nemuin formula yang sangat simple tapi sangat memberikan hasil yang luar biasa terhadap problem about my face...


Ada nggak dari kalian para readers yang udah nyobain ice cubes as a makeup base? Coba dong di sharing pengalamannya...


Love,
Xoxo

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment