open menu
Monday, January 04, 2021

[HOW TO] CERITA DITERIMA GOOGLE ADSENSE. SUSAH? ATAU GAMPANG?

 


Heyhooooooo!

Setelah usaha yang cukup panjang, berawal dari rasa penasaran, akhirnya blog ini bisa dimonetisasi. Nggak expect apa-apa banget sebelomnya karena saya bikin blog ini untuk hobi aja, untuk menuangkan hal-hal yang ada dipikiran saya. Karena saya tipikal orang yang seneng cerita, jadi alangkah baiknya memiliki media untuk menampung cerita saya.

Mau disclaimer dulu sebelumnya, i'm not an expert. Saya bukan seorang sarjana IT, bukan pula orang yang menguasai SEO, backlink, cara meningkatkan traffic, atau apapun itu semua istilah di dunia blogging. Dan disini saya nggak bahas soal teknis seperti harus ada menu bar, artikel minimal berapa, artikel harus original, dll dll. Seperti hal mengganti template pun saya pelajari secara otodidak dari google. Karena kebetulan teman-teman di lingkungan sekitar saya (yang saya tahu) belum ada yang terjun ke dunia per-blog-an. Jadi bingung juga mau nanya-nanya kesiapa kan 😅

Sebelumnya saya udah pernah bahas tentang awal mula perjalanan blog saya. 

Silakan mampir di alasan nge-blog

Saya awal banget mulai ngeblog itu sekitar tahun 2010. Saya inget banget saat itu dunia per-blog-an belom se-crowded  sekarang. Awal bikin gatau juga mau di apain blog ini. Ujung-ujungnya diisi puisi-puisi galau gitu deh ala-ala ABG (kebetulan saat itu umur saya 17 tahun). Kalo dibaca lagi sekarang sih jyujyur tengsin banget haha. Tapii saya gamau hapus karena sebagai bukti perjalanan saya di dunia blog ini.

Monetizing blog? Blog bisa ngehasilin duit? Seriusan nggak sih ini?

Sebenernya saya termasuk yang telat banget tau hal-hal beginian. Bisa kalian liat di archive saya tipikal orang yang kurang konsisen ngeblog (my bad! 😝). Tapi sempet di tahun 2014 kalau nggak salah, saya agak rutin blogging karena kebetulan saat itu baru lulus kuliah, dan belom dapet kerjaan. Selama beberapa bulan aktif ngeblog sampai akhirnya saya inget banget pas di hari pertama saya masuk kerja dapet email tawaran kerjasama dari salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia. Daaaaannnnn dengan berat hati harus saya tolak karena saya mulai sibuk, dan saya takut mengecewakan platform tersebut. Nyesel banget kalo diinget-inget mah :(

Dari situ asumsi saya, menghasilkan duit dari blog hanya kalau ada tawaran kerjasama seperti sponsored post atau endorsement gitu.

Sampai akhirnya pas bulan Maret-April 2020 kemarin. Disaat kita semua dipaksa menyesuaikan diri sama keadaan yang tiba-tiba mengharuskan kita untuk #dirumahaja, saya terpikir mau melanjutkan kehidupan blog ini. Pas lagi liat-liat eh kok ya templatenya ngebosenin banget, terus yaudah tuh kulik-kulik website yang menyediakan template gratis. Download terus apply.

Nah pas lagi edit-edit widget, banner, header, dan segala macemnya, di bagian menu sebelah kiri saya liat lambang dollar dengan tulisan earnings. Penasaran dong yakan yaudah saya klik. Ternyata semacem navigasi untuk kita bikin akun google adsense biar blog kita bisa dimonetisasi. Yaudah dari situ saya ikutin aja langkah-langkahnya.

Saya pikir kayak kalau kita bikin blog gitu, pas kita daftar trus ya langsung terdaftar. Ternyata nggak semudah itu beb!

Pas setelah pertama gagal, saya juga baca-baca cerita di google dulu tentang pengalaman orang-orang yang pernah daftar adsense. Ternyata ya memang untung-untungan. Ada yang sekali daftar langsung approved, ada yang lebih dari sepuluh kali, bahkan ada yang sampai harus ganti email karena udah terlalu seding ditolak.

Oke, berbekal dari situ yaudah saya untung-untungan juga jadinya. Setelah dapat emal konfirmasi penolakan saya langsung nekatin aja daftar lagi sampai kira-kira 5 kali ditolak. Alasan penolakan yang terakhir tuh pihak google belum bika approve karena masalah pandemi ini. Nah setelah dapet alasan itu baru saya berhenti nyoba karena saya pikir oh kalo alesannya karena pandemi berarti bakal ditolak terus dong ya sampe pandeminya abis?

Gak lama setelah itu kantor saya mulai agak sering masuk, mulai agak kendor lagi tuh saya ngeblognya dan mulai lupa soal adsense itu. Terus pas sebelom tahun baru tiba-tiba keinget mau coba lagi daftar adsense itu kali aja udah bisa.

Daaaannn finally hari ini ada info kalau blog saya di approve google adsense dan bisa menampilkan iklan dari google. Kita lihat kedepannya akan gimana karena say ajuga belom tau banget apakah ada batas minimal iklan, batas minimal update artikel atau aturan-aturan lainnya. Nanti kalau sudah ada perkembangan akan saya bahas lagi di update lanjutan dari post ini.

Terimakasih buat yang udah mampir





3 comments:

Newer Post Older Post Home